Kunjungan Ke Home Industri MP Jumiang Indah Desa Padelegan

KKN 24 Padelegan, pada Sabtu (29/12/19) melakukan kunjungan ke MP Jumiang Indah di dusun Laok Tambak, Desa Padelegan, Pademawu, Pamekasan. MP Jumiang Indah adalah tempat sortasi Rajungan atau pengupasan Rajungan.

Dalam sehari, sekitar 1 ton Rajungan dikupas dan dipisahkan bagian-bagiannya, seperti daging dan telur. Dari 1 ton Rajungan, menghasilkan daging seberat 250 Kg. Selanjutnya, daging di kemas dalam toples dan disimpan dalam pendingin.

Selanjutnya, daging rajungan akan dikirim ke Sampang, Bangkalan dan Kalimantan. Juga; sebagian lagi dikirim ke Rembang, Jawa Tengah, untuk di ekspor. Di sana, di Rembang, daging rajungan akan di kemas dengan kaleng dan sudah diberi bumbu, seperti produk sarden.

Selain dagingnya, limbah Rajungan berupa cangkang akan dikeringkan, kemudian dikirim ke Sidoarjo, ke perusahaan pembuat keramik. Menambahkan: cangkang rajungan merupakan salah satu bahan utama keramik. Namun, harga limbah cangkang rajungan tersebut dijual seharga Rp 1000/kg.

Murahnya harga jual limbah cangkang rajungan tersebut membuat kami, kelompok KKN 24, memiliki inisiatif untuk menginovasikan cangkang rajungan menjadi pernak-pernik dan kerajinan lainnya, seperti tempat foto dan hiasan dinding.

Penulis: M. Sya'iruddin

Foto Pengupasan Rajungan







Foto Rajungan sebelum dikupas, disimpan di dalam kotak pendingin



Foto daging Rajungan setelah dikupas

Foto di depan MP Jumiang Indah

Posting Komentar

Copyright © DESA PADELEGAN . Di Desain Oleh KKN24 UTM