Menyambut Tahun Baru 2019 Pemuda Asam Bator Desa Padelegan Gelar Pawai Obor dan Musik Daul


foto: dokumentasi KKN 24 Padelegan


Padelegan-KKN24 – Pemkab Pamekasan telah mengeluarkan Surat Edaran terkait perayaan Tahun Baru 2019. Surat bernomor 003.2/620/432.305/2018 itu tertanggal 17 Desember 2018 dan berisi 9 himbauan kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pamekasan.

Isi himbauan tersebut diantaranya adalah tidak mengadakan kegiatan hiburan dan pesta yang memberikan kesan hura-hura atau foya-foya. Juga, Kepala Desa di Pamekasan dihimbau untuk mengadakan acara skala lokal. Hal tersebut dilaksanakan guna mengurangi penumpukan massa di area Alun-Alun Arek Lancor dan kawasan kota.

Menanggapi hal tersebut, Paguyuban Pemuda Asam Bator (PPA) dan grup Musik Daul ‘Beringin Korong’ dusun Asam Bator, desa Padelegan, bersama anak-anak dan muda-mudi menggelar pawai obor keliling Dusun.

“Kegiatan ini dilakukan agar anak-anak tidak keluar dan melakukan pesta ke Kota,” terang Jojo, Humas PPA sekaligus kordinator kegiatan Pawai Obor. “Musik Daul dimainkan juga sebagai bentuk melestarikan budaya musik daerah yang juga termasuk kearifan lokal,” tambahnya.
 Hal senada juga disampaikan oleh Ghufron, Pelindung PPA sekaligus Babinsa Desa Padelegan. “Agar desa ini aman di tahun baru ini,” harapnya.

Pawai tersebut dimulai pukul 20.00 WIB dari halaman Padepokan PPA, lalu keliling menuju Dusun Laok Tambak, dan memutar menuju tempat awal. Selama perjalanan, rombongan pawai beberapa kali berhenti di depan rumah warga untuk menampilkan perform. Irama musik lagu daerah dan lagu salawat dibunyikan bergantian. Antusias warga terlihat dari setiap rumah yang ramai menyambut kedatangan rombongan pawai.

Peserta KKN 24 desa Padelegan ikut memeriahkan pawai tersebut. “Ini untuk saling mengenal dan agar teman-teman KKN juga mengenal masyarakat dari budaya dan kearifan lokalnya,” Pungkas Jojo.

Penulis : M. Sya’iruddin 

Posting Komentar

Copyright © DESA PADELEGAN . Di Desain Oleh KKN24 UTM